Softskill 2

 Time Management

        Pernah gak sih kita berpikir seperti "Bisa gak ya sehari itu 40 jam" atau "coba aja sehari itu gak cuman 24 jam". Pikiran seperti itu sering kita dapatkan ketika kita sedang mengerjakan suatu pekerjaan yang banyak namun dengan tenggat waktu yang sangat singkat. Padahal kalau dipikir pikir semua orang di dunia ini memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam. Apa yang membedakan kita dengan orang lain ? mungkin cara kita dalam mengelola waktu yang kita punya.

        Disini izinkan saya membagikan 5 tips yang bisa anda terapkan untuk mengelola waktu anda dengan maksimal : 

1. Disiplin
        Kebiasaan kita menunda dalam mengerjakan suatu pekerjaan biasa akan berujung untuk cenderung menunda lagi pekerjaan tersebut, maka cara terbaik untuk mengelola waktu adalah disiplin sungguh sungguh pada kita sendiri maupun kepada waktu yang kita miliki.

2. Prioritas
        Sering kali saat kita akan melakukan pekerjaan kita sering kalang kabut atau bingung sendiri terhadap apa yang seharusnya kita kerjakan lebih dulu, dan berujung kita tidak menyelesaikan 1 pun pekerjaan. Coba tentukan skala prioritas dari tugas yang ada dan kerjakan dari tugas yang penting dan tenggat waktunya sebentar.

3. Fokus
        Tidak jarang ketika ingin mengerjakan suatu pekerjaan pikiran kita teralihkan dengan hal random seperti "enaknya makan apa ya siang nanti" atau tiba tiba ada notifikasi masuk dan kita berujung meninggalkan pekerjaan kita. Coba untuk menerapkan Pomodoro teknik agar kita tetap fokus dalam mengerjakan tugas yang ada.

4. Merencakan kapasitas
        Salah 1 hal yang membuat kita merasa tidak cukup dalam memiliki 24 jam sehari adalah karena kita terlalu banyak menuliskan daftar tugas yang kita rasa harus diselesaikan dalam 1 hari. Hal ini berujung kepada kita tidak bisa menyelesaikan tugas dengan cepat dan cenderung tidak fokus, coba dengan membuat jadwal perencaan tugas apa yang harus diselesaikan namun dengan tetap memperhatikan kemampuan kita.

5. Motivasi
        Ketika kita mendapatkan tugas sering kali kita sudah merasa lelah atau burnout  untuk menyelesaikan tugas tersebut. Tak jarang juga kita sering merasa tidak mood atau banyak hal lainnya, perasaan seperti ini sangat menghambat kinerja dan performa kita dalam mengerjakan tugas. Coba untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk mengembalikan mood tersebut sehingga kita bisa memaksimalkan waktu dengan hasil. Jika pun terpaksa karena tidak ada waktu coba renungkan kembali di awal, apa alasan kita untuk mengambil tanggung jawab tersebut sehingga kita bersemangat untuk mengerjakan tugas itu kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 : Studi kasus 1 Rekayasa Kebutuhan D

Tugas 5 : Studi kasus

ETS RK D