Tugas 4 : Elisitasi

 Tugas 4 : Elisitasi Kebutuhan

Nama     : Nizar Mayraldo

NRP       : 05111940000004

Kelas      : RK D

        Pada tugas kali ini, sistem informasi yang akan saya elisitasi adalah website antrian pada fasilitas kesehatan. Aplikasi ini bisa disebut juga sebagai sistem informasi Antri.in yang merupakan sistem informasi antrian yang dapat diakses oleh administrator dan juga pasien atau masyarakat umum untuk memesan antrian secara online. Dengan adanya sistem informasi ini, masyarakat umum dapat mengaambil antrian secara mudah tanpa memerlukan kontak fisik di era pandemi ini, dengan harapan dapat meningkatkan penerapan protokal kesehatan di masyarakat masyarakat dan mempermudah administrasi dari pasien. 

Elisitasi Kebutuhan

        Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem dan pihak lain yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sistem.  Elisitasi dan analisis kebutuhan dapat melibatkan berbagai jenis orang dalam suatu organisasi. Tahap elisitasi termasuk tahap yang sulit dalam spesifikasi perangkat lunak. Secara umum kesulitan ini disebabkan tiga masalah yaitu masalah cakupan, masalah pemahaman, dan masalah perubahan.

        Pada proses elisitasi kebutuhan perangkat lunak, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan agar elisitasi berjalan dengan baik. Langkah-langkahnya terdiri atas: 
    1. Mengidentifikasi stakeholder 
    2. Mengidentifikasi Tujuan atau goals yang ingin dicapai
    3. Mengidentifikasi kebutuhan fungsional, non fungsional dan sistem

Stakeholder

-    Pemilik Klinik
-    Administrator
-    Pasien
-    Tim developer

Goals

-    Menangani pengelolaan data anggota pasien, seperti registrasi member dan perubahan data member.
-    Menangani pengelolaan antrian mulai dari buka antrian, tutup antrian, mengganti status pasien.
-    Memfasilitasi pasien dalam mengambil antrian mulai dari mengambil nomor, memperkirakan waktu
antrian, melihat daftar antrian, membatalkan antrian, dan lain sebagainya.

Kebutuhan 

    Fungsional :

-    Pasien dapat mengambil nomor antrian
-    Pasien dapat membatalkan antrian
-    Pasien dapat melihat nomor dan estimasi antrian dipanggil
-    Administrator dapat mengubah status pasien
-    Adminsitrator dapat menambat antrian pasien
-    Administrator dapat membatalkan antrian pasien
-    Administrator dapat membuka dan menutup antrian pasien
-    Pemilik Klinik dapat melihat rekap pasien

    Non-Fungsional : 
-    Aplikasi dapat diakses melalui pc dan hp
-    Keamanan data hanya dapat diakses oleh admin dan pemilik
-    Sistem menggunakan bahasa indonesia dan tampilan yang sederhana

Metode Elisitasi Kebutuhan

Pada tugas kali ini, saya menggunakan metode berupa interview dan observasi. Ada pula di bawah yaitu list pertanyaan yang dapat digunakan untuk melakukan elisitasi. List pertanyaan ini difokuskan untuk menggali proses bisnis, kebutuhan, dan juga ekspektasi yang dimiliki oleh stakeholder terhadap sistem. Berikut merupakan list pertanyaannya :

Pertanyaan Interview : 

-    Masalah apa yang ingin diselesaikan dengan adanya sistem informasi ini ? 
-    Kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan di dalam sistem informasi ini ?
-    Fitur apa saja yang dibutuhkan pada sistem informasi ini ?
-    Bagaimana proses bisnis yang selama ini dijalankan ? 
-    Apakah pernah mencoba cara lain untuk menyelesaikan permasalahan yang ada ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 9 : RML

ETS RK D